Selasa, 05 April 2011

Gagasan Utama dan Kalimat Utama

Hai semua. Sekarang kita mulai dari Bahasa Indonesia. Kita mulai dari kisi-kisi indikator 1 (2/No.1 & 2). Perintahnya yaitu kita harus bisa menemukan gagasan utama dan kalimat utama dalam sebuah paragraf. 
Kalian pasti sudah sering mendengar tentang gagasan utama dan kalimat utama bukan? Maka dari itu, sekarang Zeemon mau langsung membahas tentang cara menentukan gagasan utama dan kalimat utama. :)


Lihat dan cermati bagan dibawah.!!







Apakah maksudnya?

  1. Gagasan utama itu terdapat didalam kalimat utama. Jadi, untuk menemukan gagasan utama, kita harus menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu. Gagasan utama bukan merupakan ringkasan dari sebuah paragraf, melainkan inti atau pokok pikiran yang dapat dikembangkan menjadi beberapa kalimat penjelas.
  2. Kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir dari suatu paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang isinya masih umum atau bukan merupakan kalimat penjelas. Biasanya kalimat utama berada di awal paragraf. Jika kalimat utamanya berada di akhir, maka berupa kesimpulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat yang udah mau mampir ke blog ini. Jika ada materi yang salah atau ada pertanyaan silahkan komentar di bawah^^