Rabu, 06 April 2011

Tajuk

Hai semua, ketemu lagi sama Zeemon. Nah, sekarang kita lanjut ke kisi-kisi UN indikator yang ke 6 yaitu tentang tajuk (4/No.9,10,11,12). Materi yang nantinya akan ditanyakan yaitu tentang gagasan utama, kalimat fakta, keberpihakan penulis dan simpulan. 

Semua pasti sudah tahu tentang gagasan utama kan? Kalau lupa buka lagi deh postingan Zeemon yang kemaren. Oh iya, tahukah kalian bahwa UN 2010/2011 di indikator 6 ini ada yang spesial? Ada sesuatu yang beda. Apakah itu? Jadi, kata narasumber untuk tahun 2010/2011 ini di indikator nomor 6 akan diberi bonus berupa paragraf tambahan. Maksudnya O.o? Jadi sebuah tajuk bisa terdiri dari 2 sampai 3 paragraf!! Weeww, bagaimana menurut anda? Selain itu, tajuk juga tidak akan diberi judul. Huft, tega (t_t). 

Tapi kita tidak perlu khawatir, semua masalah pasti ada penyelesaiannya. Nah, karena terdiri dari beberapa paragraf, untuk menemukan gagasan utama kita tidak bisa menentukan dari salah satu paragraf saja. Tapi kita perlu menganalisis gagasan utama dari setiap paragraf.

Untuk kalimat fakta dan simpulan kalian bisa buka lagi di postingan Zeemon yang sebelumnya. =)

Nah, sekarang Zeemon mau bahas tentang keberpihakan. Perbedaan sudut pandang dan latar belakang yang dimiliki oleh penulis tajuk rencana menyebabkan perbedaan dalam keberpihakan. Penulis tajuk bebas menentukan pihak yang didukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat yang udah mau mampir ke blog ini. Jika ada materi yang salah atau ada pertanyaan silahkan komentar di bawah^^