Kamis, 07 April 2011

Perwatakan, Latar, Sudut Pandang, dan Konflik dalam Penggalan Cerpen

Hi, come back. Sekarang lanjut ke indikator yang ke 9 yaitu tentang perwatakan, latar, sudut pandang, dan konflik dalam penggalan cerpen (4/No.21,22,23,24). Langsung aja yo.

Perwatakan adalah gambaran watak seseorang misalnya, pemalas, rajin, penakut, dll. Untuk UN 2010/2011 yang ditanyakan adalah bukti perwatakannya. Jadi kita harus mencari bukti dimana tokoh menampakan wataknya. 

Latar cerita ada 2 yaitu, waktu dan tempat. Latar waktu adalah waktu saat kejadian terjadi. Sedangkan latar tempat adalah tempat kejadian perkara. Latar dalam UN besok juga akan ditanyakan tentang buktinya. Jadi kita harus mencari bukti dimana kita dapat mengetahui latar cerita tersebut.

Sudut pandang adalah bagaimana penulis bercerita atau peranan penulis dalam cerita.

Perhatikan gambar dibawah ini!!


Sudut pandang penulis ada 2, yaitu di dalam dan di luar cerita. Di dalam cerita maksudnya si penulis terlibat langsung dalam cerita yang ditulis. Sudut pandang orang pertama disebut juga sudut pandang akuan karena dalam cerita penulis menceritakan tentang dirinya sendiri (pelaku utama). Biasanya ditandai dengan kata Aku, Saya, Beta, dll. Sedangkan diluar cerita berarti penulis tidak terlibat dalam cerita. Sudut pandang orang ke 3 disebut juga sudut pandang diaan. Biasanya cerita menggunakan mama orang, benda, hewan, dll di dalam ceritanya (serba tahu).

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sudut pandang yaitu kita tidak boleh terkecoh oleh pilihan jawaban yang hanya menyebutkan "Orang pertama" atau selain sudut pandang diatas. Karena sebenarnya itu bukanlah sudut pandang, melainkan kata ganti.

Hanya untuk pengetahuan saja ^^

Kata ganti orang ke 1 (orang yang berbicara) :
a. kata ganti org 1 Tunggal : aku, saya, beta
b. kata ganti org 1 Jamak : kami, kita

Kata ganti orang ke 2 (orang yang diajak bicara) :
a. kata ganti org 2 Tunggal : kamu, anda
b. kata ganti org 2 Jamak : kalian

Kata ganti orang ke 3 (orang yang dibicarakan) :
a. kata ganti org 3 Tunggal : dia, kalian
b. kata ganti org 3 Jamak : mereka


Oke, sekarang lanjut ke konflik. Konflik adalah puncak permasalahan dari suatu cerpen.

2 komentar:

  1. wow, kamu kelas 3 smp kah? bagus sekali blognya cukup membantu! tolong dilanjutkan lagi, semoga peserta UN 2010-2011 lulus seratus% agar bisa membanggakan bangsa dan negara!
    saran saya semoga lebih dijelaskan lagi ya.
    terimakasih
    Atikadolski.

    BalasHapus
  2. Iya, aku masih SMP. Amin untuk doanya. Dan terima kasih atas saran dan kunjungannya ^^

    BalasHapus

Terima kasih buat yang udah mau mampir ke blog ini. Jika ada materi yang salah atau ada pertanyaan silahkan komentar di bawah^^